Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indoneia melalui Metode DRTA (Directed Reading Thingking Activity)
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v3i1.149Keywords:
hasil belajar, bahasa indonesia, drta,Abstract
Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia salah satu penyebabnya adalah pembelajaran Bahasa Indonesia cenderung kepada pembelajaran bersifat konvensional yaitu hanya menggunakan metode ceramah, sedangkan pada hakekatnya pembelajaran Bahasa Indonesia menuntut siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, siswa dapat mencari dan menemukan masalahnya sendiri. Subjek Penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas III SDN 1 Pandean Kecamatan Dongko dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan metode DRTA dapat meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai studi awal hanya 56,52 naik menjadi 66,96 pada siklus pertama, dan 78,26 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 4 siswa (17,39%) pada studi awal, 65,22% atau 15 siswa pada siklus pertama, 22 siswa atau 95,65% pada siklus kedua.References
Permatasari, I. 2009. Pengembangan Strategi Penggunaan Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa MTs Negeri Batu Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Widyamartaya, A. 1984. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Sudarmadji, Mahmoud, H., Fanani, R. Z., Nahiruddin, Syamsuddin, U., Sugito, Priyana, N., dan Sugani. 2010. Teknik Bercerita. Yogyakarta: PT Kurnia Kakam Semesta.
Downloads
Published
2018-02-11
Issue
Section
Education and Social Science




