Peningkatan Hasil Belajar Materi Keunggulan Lokasi Indonesia Melalui Pendekatan Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII B SMPN 6 Kota Bima

Sitti Rahmah

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VIII B pada waktu pembelajaran IPS diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 33 siswa hanya 10 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 23 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Keunggulan lokasi Indonesia serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Problem based learning. Penerapan pembelajaran Keunggulan lokasi Indonesia melalui Pendekatan Problem based learning dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas VIII B  SMP Negeri 6 Kota Bima dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Keunggulan lokasi Indonesia


Keywords


hasil belajar, keunggulan lokasi Indonesia, problem based learning

References


Barrows. 1982. The Tutors (Teachers) Role in Problem-Based Learning Curriculum. (Online), (http;//edaff.siumed.edu).

Boud, D. & Felleti, G.I. 1997. The Challenge of Problem Based Learning. Londong: Kogapage

Dimyati,. & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i1.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar