PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEK MELALUI MODEL STAD PADA SISWA SMA

Moch Saleh

Abstract


Banyak kegiatan yang berhubungan erat dengan keterampilan menulis, misalnya membuat ikhtisar, membuat catatan, menulis notulen, menulis berbagai macam surat, menulis rancangan kegiatan, sampai pada kemampuan menulis karya ilmiah. Tulisan teks eksplanasi komplek merupakan tulisan yang menceritakan suatu peristiwa yang tersusun secara teratur. Sementara itu Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode yang sangat mengutamakan kerjasama yang baik di dalam tim. Kemampuan menulis teks ekplanasi komplek siswa kela XI MIA – 2 SMA Negeri I Gading pada siklus I sebanyak (52%) tuntas belajar dan (48%) siswa belum tuntas belajar. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh hasil belajar sebanyak (95%) tuntas belajar dan (5%) belum tuntas belajar

Keywords


kemampuan, menulis, teks eksplanasi komplek, STAD

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar