Motivasi Sebagai Variabel Intervening Antara Reward Terhadap Loyalitas Pada Agen Kosmetik Superteam 008 PT. Affor Neo Jaya Wilayah Jawa Timur

Authors

  • Devi Trisnawati Manajemen- Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Hesty Prima Rini

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1346

Keywords:

Loyalitas, Motivasi, Reward

Abstract

Penelitian ini memiliki suatu tujuan yang akan dicapai yaitu untuk mendapati pengaruh reward serta motivasi terhadap loyalitas agen kosmetik superteam 008 PT. Affor Neo Jaya wilayah Jawa Timur dan diharapkan dapat memberikan saran kepada pimpinan perusahaan terutama terkait dengan loyalitas. Total 59 responden dipilih secara acak (metode random sampling) dari populasi agen kosmetik superteam 008 PT. Affor Neo Jaya di Jawa Timur dengan menggunakan metode kuantitatif serta pengujian dilakukan dengan Partial Least Square (PLS). Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwasannya pemberian reward yang tepat dapat meningkatkan loyalitas agen, motivasi dapat memberikan kontribusi yang begitu penting untuk meningkatkan loyalitas agen, reward dapat memberikan andil yang penting dalam meningkatkan motivasi agen, serta reward secara tidak langsung mampu meningkatkan loyalitas dengan memberikan motivasi pada agen.

Author Biography

Devi Trisnawati, Manajemen- Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Mahasiswi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UPN Veteran Jawa Timur

References

Halim, J., Syawaluddin and Putra, A. (2020) ‘Pengaruh Reward Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pt. Tuahta Maju

Ersada’, Jurnal Bisnis Kolega, 6(2), pp. 17–24.

Kinanti, A.D. (2021) ‘PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL, MOTIVASI KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN (Studi Kasus pada Bank Jabar Banten)’, pp. 1–6.

Lavinia, D. (2018) ‘Pengaruh Kompensasi Terhadap Loyalitas Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Ehya Purwa Raharjo Gresik’, Agora, 6(1), pp. 1–6.

Mandagi, G.M. et al. (2020) ‘Reward and Punishment terhadap Loyalitas Karyawan pada PT. Bank SulutGo Cabang Utama Manado’, Productivity, Vol. 1 No. 4, 2020, 1(4), pp. 297–300.

Meilani, T. (2022) ‘Pengaruh Kompensasi, Hubungan Kerja, dan Motivasi Terhadap Loyalitas Pengemudi Gojek Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pengemudi PT. Gojek Cabang Bandar Lampung)’, pp. 1–114.

Susilo, J. and Satrya, I.G.B.H. (2019) ‘Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Yang Dimediasi Oleh Komitmen Organisasional Karyawan Kontrak’, E-Jurnal Manajemen Universitas

Udayana, 8(6), p. 3700. doi:10.24843/ejmunud.2019.v08.i06.p15.

Talita, I. (2021) ‘PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada PT. Surabaya Autocomp Indonesia)’.

Taroreh, Rita N et al. (2022) ‘Pengaruh Motivasi Kerja , Reward Dan Punishment Terhadap Loyalitas Pegawai Pada PT . PLN ( PERSERO ) UP 3 TAHUNA ULP TAGULANDANG’, 10(4), pp. 679–687.

Bintoro and Daryanto (2017) Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Duha, Timotius. (2020). Motivasi Untuk Kinerja. Deepublish.

Published

2023-08-27

Issue

Section

Education and Social Science