Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Iklan Baris Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Kalidawir

Juminah Juminah

Abstract


Dalam rangka meningkatkan Ketrampilan Menulis Bahasa Indonesia yang memuat Menulis Iklan Baris pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung, Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Think Pair Share pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX A pada waktu pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh hasil bahwa Ketrampilan Menulis siswa kurang memuaskan, yaitu dari 30 siswa hanya 10 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 20 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Think Pair Share dapat meningkatkan Ketrampilan Menulis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang memuat Menulis Iklan Baris.

Keywords


think pair share, keterampilan menulis, iklan baris,

References


Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunter. 1999. Games for Children. London: Oxford University Press

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

Volume 3 Nomor 1, Februari 2018

Kemmis, S. dan Mc. Taggart. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i1.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.