Penerapan Metode Buzz Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Besuki

Suparmi Suparmi

Abstract


Berdasarkan hasi observasi yang dilakukan di Kelas IX A pada waktu pembelajaran Biologi diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa memuaskan, yaitu siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 700, sedangkan 27 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 69, Untuk itu, dilakukan penelitian ini dengan menerapkan metode buzz group guna menyelesaikan masalah tersebut. penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas IX A SMPN 1 Besuki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 52,9% dan pada siklus II 88,2%

Keywords


buzz group, hasil belajar, biologi,

References


Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjoko, 2001. Membantu Siswa Belajar IPA. Yogyakarta: FMIPA.UNY.

Sujadi. 1989. Membuat Siswa aktif. Bandung: Bandar Maju.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i1.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar