Pengembangan Bahan Ajar Geografi Kebencanaan Berbasis Model Small Group Discussion di Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract
Tujuan utama penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar geografi kebencanaan berbasis model small group discussion yang terfokus pada studi bencana sosial. Pengembangan didasarkan pada kebutuhan bahan ajar yang belum tersedia, sehingga mahasiswa masih belum memiliki sumber penunjang pembelajaran yang sesuai. Buku yang digunakan selama ini sebagaian besar hanya terkait kebencanaan alam saja, sehingga diperlukan pembahasan mengenai bencana sosial di masyarakat. Pengembangan berbasis pada model small group discussion digambarkan langsung tahapannya pada bagian evaluasi pembelajaran. Pengembangan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisys, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian diketahui bahan ajar memperoleh nilai dari validasi ahli media 80.17%, ahli materi 97.82%, dan mahasiswa 81.06%. Artinya bahwa bahan ajar dinyatakan sangat layak untuk dipergunakan sebagai penunjang perkuliahan sesuai dengan kriteria penilaian hasil.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adlika, N. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pokok Mitigasi Bencana Alam untuk Siswa Kelas XI SMA N 1 Sragen [Tesis]. Universitas Sebelas Maret.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Christiani, A. (2014). Penerapan Metode Small Group Discussion Dengan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 02, 11.
Hartato, S., Pratomo, A. H., & Prasetya, J. D. (2021). Implementasi Sistem Informasi Kebencanaan Dalam Pembangunan wilayah berbasis Kota Cerdas (Smart city) Di Kabupaten Gunungkidul. In Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar (pp. 1623–1630). IRWNS.
Isnaini, D. F. (2020). Pengembangan Buku Suplemen Digital Mitigasi Bencana Alam Pada Pembelajaran Geografi [Skripsi]. Universitas Negeri Malang.
Jurusan Pendidikan IPS. (2020). Pedoman Akademik: Kurikulum Pendidikan IPS, FITK, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurusan Pendidikan IPS.
Karina, H. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Bencana Alam Bebasis Spatial-Ecologycal [Tesis]. Universitas Negeri Malang.
Purwanto, E. (1996). Validasi Bahan Ajar IPS-Geografi SD Berdasarkan Kurikulum 1994 di Jawa Timur. Lemlit IKIP MALANG.
Riduwan, S. (2013). Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta.
Saraswati, N. F., & Djazari, Moh. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22049
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Supriyanto, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Dan Dunia Hewan. 2(1), 8.
Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 113–124. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5310
Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.125
Yudistira, S., Sukadi, S., & Suastika, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Kebencanaan Untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa SMP Terhadap Bencana. 4(2), 9.
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i1.1161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar