Strategi Pembelajaran Poster Session Berbantuan Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Saleha Saleha, Tarman Tarman, Haslinda Haslinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session berbantuan Audio Visual terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada topik “Mendengarkan Cerita Rakyat” pada Siswa Kelas V SDN No. 60 Bontoparang, Mangarabombang Kecamatan, Kabupaten Takalar. Penelitian ini akan fokus pada topik “Mendengarkan Cerita Rakyat”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Rancangan terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis datanya disebut Tes Manova, dan dijalankan pada SPSS versi 21. Tes ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran sesi poster berbantuan audio visual berdampak pada motivasi belajar siswa serta hasil pendidikan bahasa Indonesia mereka. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan motivasi belajar kelas eksperimen rata-rata sebesar 86,00 sedangkan motivasi belajar kelas kontrol rata-rata sebesar 74.000. Perhitungan hasil belajar kelas kontrol menghasilkan rata-rata hasil 75,00, berbeda dengan hasil belajar kelas eksperimen yang menghasilkan rata-rata 82,81. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Poster Session dengan bantuan Audio Visual berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada topik “Mendengarkan Cerita Rakyat” Siswa Kelas V SDN No. 60 Bontoparang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Keywords


Poster Session;Motivasi; Hasil Belajar

References


Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.

Hasan, H., Basri, M., & Idawati, I. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Berbantuan Audio Visual Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Ips Murid Kelas V Sdn No. 39 Centre Palleko Kec. Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 212–217.

Hastuti, E. D. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. In Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Irwandi. (2020). Strategi Poster Session dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Fiqih Irwandi. 145–158.

Marhaeni, Syarifah, Syamsuri, A. S. T. A. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Konvensional Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Di Kota Makassar. 192–201.

Riduwan, S. (2019). Pegantar Statistika Untuk Penelitian. Prenadamedia Group.

Silberman, M. L. (2007). Active learning 101 strategi pembelajaran aktif. Insan Madani.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jilid II. Prenadamedia Group.

Widyaningtyas, H., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2018). Developing the Students� Responbility Through Numbered Head Together Model in Social Science Learning At Elementary School. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 2(2), 112–119.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i1.1153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar