Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis PBL-STEM dengan Asesmen Formatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP pada Tema Pencemaran Lingkungan

Zuana Habibaturrohmah, Parno Parno, Isnanik Juni Fitriyah

Abstract


Pencemaran lingkungan merupakan materi IPA yang konkrit (nyata) sehingga menuntut siswa untuk terampil memecahkan masalah dalam pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Namun faktanya, kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Sementara itu, solusi berupa buku ajar berbasis PBL-STEM yang terintegrasi dengan Asesmen Formatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan masih jarang dilakukan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk buku ajar menggunakan model PBL-STEM yang terintegrasi dengan Asesmen Formatif pada tema pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan mengetahui kelayakan serta keterbacaan produk. Pada penelitian ini digunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari tiga langkah pokok: kajian awal, pengembangan produk, dan uji coba produk. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi materi, angket validasi media, dan angket uji keterbacaan buku ajar. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis kuantitatif pada data kelayakan dan keterbacaan produk dalam penelitian ini disusun menurut skala Guttman. Sedangkan analisis kualitatif pada data kelayakan dan keterbacaan produk diperoleh dari komentar atau saran tertulis dari validator dan saran dari responden/siswa. Hasil validasi produk oleh validator menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan memiliki persentase kelayakan rata-rata 100%, buku ajar memiliki persentase kelayakan rata-rata sebesar 96%, serta dari hasil uji keterbacaan oleh 26 siswa menunjukkan bahwa buku ajar memiliki persentase keterbacaan rata-rata sebesar 97%. Dapat disimpulkan bahwa RPP dan buku ajar berbasis model PBL-STEM dengan Asesmen Formatif yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak dan memiliki peluang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian mendatang direkomendasikan untuk mengimplementasikan produk buku ajar ini di kelas pembelajaran sesungguhnya.

Keywords


Buku Ajar, PBL-STEM, Asesmen Formatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pencemaran Lingkungan

References


Afni, N., Khairil, K., & Abdullah, A. (2017). Penerapan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Di Sma Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2), 77. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.238

Alfika, Z. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Modul STEM Berbasis Pemecahan Masalah dengan Tema Rumah dome. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 93. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1566

Amelia, A., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. (2019). 2497-6379-1-PB (pp. 10–16).

Andersson, C., & Palm, T. (2017). Characteristics of improved formative assessment practice. Education Inquiry, 8(2), 104–122. https://doi.org/10.1080/20004508.2016.1275185

Arends, Richards. I., (2012), Learning to Teach Ninth Edition, New York, McGraw Hill.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Atoillah. (2012). Penerapanmodel Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Untukmeningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 1(2), 95–108.

Destianingsih, E., Pasaribu, A., & Ismet. (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1–6.

Ejiwale, J. A. (2012). Facilitating Teaching and Learning Across STEM Fields. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 13(3), 87–94. http://ojs.jstem.org/index.php?journal=JSTEM&page=article&op=view&path[]=1711

Gloria, R. Y., Sudarmin, S., Wiyanto, & Indriyanti, D. R. (2018). The effectiveness of formative assessment with understanding by design (UbD) stages in forming habits of mind in prospective teachers. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012158

Kharida, L. A., & Rusilowati, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 83–89. https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i2.1015

Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341

Luzyawati, L. (2018). Pengaruh Model Problem Based Instruction Pada Konsep Pencemaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 7(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v7i1.2540

Melati, L. T., Warsono, & Toto. (2019). Pengaruh model problem based learning berbasis STEM terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2).

Mufadhol, M., Siswanto, S., Susatyono, D. D., & Dewi, M. U. (2017). The Phenomenon of Research and Development Method in Research of Software Engineering. International Journal of Artificial Intelligence Research, 1(1), 1. https://doi.org/10.29099/ijair.v1i1.4

Nitko, A. J., Brookhart, S. M., Fadhil, K. B., Benedict, N., Smithburger, P., Donihi, A. C., Empey, P., Kobulinsky, L., Seybert, A., Waters, T., Drab, S., Lutz, J., Farkas, D., Meyer, S., Allensworth, E. M., Nagaoka, J., Johnson, D. W., Emadwiandr, Chakraborty, A., … Lebar, O. (2018). Educational assessment of students. Human Movement Science, 53(1), 1689–1699. https://www.researchgate.net/publication/335892361_Item_Discrimination_and_Distractor_Analysis_A_Technical_Report_on_Thirty_Multiple_Choice_Core_Mathematics_Achievement_Test_Items%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/B6V8T-4FY3NX4-1/2/6246a8439f

Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 53–57. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233

OECD. (2019). PISA 2015 Result in Focus. OECD Publishing, 24(1), 12–17.

Parno, Yuliati, L., & Ni’Mah, B. Q. A. (2019). The influence of PBL-STEM on students’ problem-solving skills in the topic of optical instruments. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012013

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 23–34.

Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Stem Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Science Education and Practice, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i1.1699

Rahayu, R., & Ismawati, R. (2018). Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 01(1), 24–29.

Rivalina, R. (2020). PENDEKATAN NEUROSAINS Neuroscience Approaches Improving High Order Thinking Skills of Basic. Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(01), 83–109.

Rosiyanti, H., & Widyasari, N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Bar Modelling Berbasis Pemecahan Masalah Pada Tema Berhemat Energi. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 111–120. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/2107

Saenab, S., Ramlawati, & Suryani, I. (2018). PENGARUH MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN ( Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan ) memberikan peran dan andilnya dalam meningkatkan pembangunan yang berwawasan Peran penting pendidikan bukan hanya sekedar menjadikan peserta didik memiliki prestasi tinggi. 1(2), 57–67.

Sigit, D. V., Ernawati, E., & Qibtiah, M. (2017). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Sman 6 Tangerang. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 1–6. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-2.1

Simatupang, H., & Ionita, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan. Jurnal Biolokus, 3(1), 245. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.680

Sukmadinata, S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102. https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x

Wahyuni, M. (2018). Meta Analisis Assessmen Formatif Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.33

Yumiati, Y., & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran Icare (Inroduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Ut. Infinity Journal, 4(2), 182. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.81




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar