Penerapan Problem Based Learning dengan Resitasi terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Auditing

Linawati Linawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning dengan metode resitasi  dengan pembelajaran secara konvensional pada mahasiswa akuntansi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Model eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian adalah Mahasiswa tingkat III akuntansi, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa menggunakan pendekatan Problem Based Learning dengan metode resitasi dibandingkan dengan menggunakan pendekatan konvensional. Aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa menggunakan pendekatan Problem Based Learning dengan metode resitasi daripada aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa dengan pendekatan konvensional.


Keywords


Problem Based Learning, Resitasi, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar.

References


Anggraeni, D. 2014. Pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap belajar siswa akuntansi (siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cibeber pada materi jurnal khusus). Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mulasiwi, dkk. 2013. Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar melalui strategi peer lesson dengan media ular tangga. Jupe UNS, 1(1):1-14.

Naylufar, L.S. 2014. Penerapan modal pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Moduyan Kompetensi mengelola kartu persediaan tahun ajaran 2013/2014. Skripsi tidak dipublikasikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Grafindo.

Sari, S.M. 2012. Upaya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matetmatika melalui strategi genius learning. Skripsi tidak dipublikasikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sarwono, J. 2013. Statistik Multivariat Aplikasi untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Jakarta: Alfabeta.

Sularso. Y. 2012. Pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil pembelajaran mata pelajaran IPS bagi peserta didik. Jurnal ilmiah Pendidikan Sejarah IKIP Veteran Semarang:103-113.

Tampubolon, S.M. 2014. Penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Uno, H. B. 2007. Teori motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. i

Utomo, T. Dkk. 2014. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa (siswa kelas VIII semester gasal SMPN I Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi. I(1): 5-9.

Wijaya. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.